1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

Tata Cara Shalat Orang Sakit Yang Benar Pendapat Ualam Ahlussunah

Desainruang -  TATA CARA SHALAT BAGI ORANG YANG SAKIT...(Bag. 3) Berikut ini adalah pendapat ulama ahlussunah mengenai tata cara shalat orang yang sedang sakit, simak ulasan berikut.


*Tata Cara Shalat Bagi Yang Tidak Mampu Berdiri Atau Duduk.*

3️⃣ Asy-Syaikh Ibnu 'Utsaimin rahimahullah mengatakan,


فإن كان لا يستطيع الصلاة جالساً صلى على جنبه متوجهاً إلى القبلة، والجنب الأيمن أفضل، فإن لم يتمكن من التوجه إلى القبلة صلى حيث كان اتجاهه، وصلاته صحيحة، ولا إعادة عليه.


"Jika orang yang sakit tidak mampu shalat dengan duduk, maka dia shalat dengan keadaan berbaring di atas salah satu sisi tubuh dalam keadaan menghadap kiblat, Dan sisi tubuh yang sebelah kanan lebih utama.¹


Namun jika dia tidak mampu menghadap ke arah kiblat, maka dia shalat menghadap ke arah mana dia menghadap, shalatnya sah, dan tidak perlu mengulang."


4️⃣ Beliau Mengatakan,


فإن كان لا يستطيع الصلاة على جنبه صلى مستلقياً رجلاه إلى القبلة، فإن لم يستطع أن تكون رجلاه إلى القبلة صلى حيث كانت، ولا إعادة عليه.


"Jika dia tidak mampu shalat dengan berbaring di atas sisi tubuh, maka dia shalat dengan berbaring terlentang dengan kedua kakinya mengarah ke arah kiblat. 


Jika dia tidak mampu untuk menjadikan kedua kakinya menghadap ke arah kiblat, maka dia shalat dengan ke mana arah kakinya mengarah, dan tidak perlu mengulang shalat."²


[Minal Ahkâm al-Fiqhiyyah Fith Thahârah Wash Shalâh, hal. 27]


--------------------------------

Catatan:


¹ Ini seperti posisi tubuh mayit dalam kubur. Dan jika dia berbaring di sisi sebelah kiri pun, maka tetap sah , namun dia telah menyelisihi Sunnah. (lihat Raudhathu at-Thalibin : 1/236 )


² Dia berbaring terlentang dan kedua kaki menghadap kiblat, dengan meninggikan sedikit kepalanya dengan bantal tidurnya; agar kepalanya terangkat dan mengarah ke arah kiblat. (Lihat Raudhathu at-Thalibin : 1/237, dengan sedikit tambahan.)


(Insyallah masih bersambung...)

Jazaakallah khoir

Bagikan artikel ini, siapa tahu ada yang beramal karena Anda, "Siapa yg menunjukkan pada kebaikan, dia mendapat pahala seperti pelakunya." (H.R. Muslim)

Baca Juga:

Baca Juga:

Posting Komentar