1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

Mengenal Berbagai Istilah dalam Perumahan

Desain Ruang - Rumah adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus dimiliki oleh semua orang. Tanpa rumah seseorang tidak akan bisa tinggal dan menikmati waktu istirahatnya.

Apabila Anda ingin membeli rumah atau sejenisnya Tidak ada salahnya untuk mengenal terlebih dahulu istilah dalam perumahan.

Dengan begitu Anda bisa membeli rumah yang sesuai dengan kebutuhan apakah nantinya dalam bentuk rumah di kawasan perkampungan atau di perumahan.

Selain itu Anda juga bisa memilih rumah dengan posisi yang strategis sehingga bisa digunakan untuk investasi masa depan.

Apa itu Perumahan?

Dikutip dari website Japdesain.com, perumahan adalah sekelompok rumah yang dibangun oleh suatu pengembang untuk tujuan yang sama.

Perumahan tersebut akan menjadi satu dengan permukiman sehingga bisa memberikan lingkungan tempat tinggal yang baik disertai dengan sarana dan prasarana.

Secara sederhana Perumahan bisa diartikan sebagai deretan rumah yang dibuat secara bersama-sama dan bentuknya hampir mirip satu dengan yang lain.

Perumahan ini digunakan sebagai tempat tinggal untuk memudahkan seseorang yang dalam beristirahat dan juga menjalankan aktivitas lain dalam kehidupannya.

Suatu Perumahan akan memiliki fasilitas yang jenisnya berbeda-beda. HP yang memiliki fasilitas standar dan ada juga yang memiliki fasilitas cukup mewah.

Itulah kenapa jenis perumahan bisa berbeda-beda dan harga rumah yang ada di dalamnya juga bervariasi.

Seseorang yang tinggal di perumahan biasanya hanya bisa masuk ke dalam area itu melalui satu gerbang masuk atau portal.

Biasanya harus menunjukkan identitas sehingga tidak semua orang bisa keluar masuk di perumahan.

Perbedaan Rumah dan Perumahan

Istilah dalam perumahan
Istilah dalam perumahan Japdesain

Rumah dan perumahan memang saling terkait satu dengan yang lain meski sama-sama memiliki perbedaan.

Rumah adalah bangunan yang utuh dan jumlahnya hanya satu. Di dalam rumah terdapat fasilitas standar seperti ruangan untuk tidur dan juga kamar.

Sementara itu Perumahan adalah kumpulan dari berbagai jenis rumah yang biasanya memiliki pengembang sama.

Para pengembang ini akan membangun banyak sekali rumah dengan tipe yang bervariasi dan umumnya akan dikelompokkan dalam bentuk cluster.

Untuk mengetahui sedikit perbedaan tentang rumah dan Perumahan bisa menyimak tabel di bawah ini.

Rumah

Perumahan

Merupakan bagian dari lingkungan yang biasanya berdiri sendiri dan tidak akan terkait antara satu dengan yang lain.

Rumah bisa ada di dalam Perumahan ataupun berada di kawasan Kampung. Jadi tidak ada yang mengikat meski setiap rumah biasanya memiliki tipe yang berbeda-beda.

Perumahan adalah sekumpulan rumah yang biasanya dikembangkan oleh satu perusahaan atau kontraktor yang sama. 

Setiap rumah akan memiliki fasilitas standar yang sama antara satu dengan yang lain. Meski demikian pemilik bisa memodifikasi rumahnya sendiri sehingga bisa lebih nyaman atau disesuaikan dengan kebutuhan.

Sedikit berbeda dengan Perumahan biasanya rumah standar khususnya yang ada di perkampungan tidak akan memiliki jenis atau tipe tertentu. 

Biasanya bangunan yang dibangun menyesuaikan saja dengan luas dari tanah yang dimiliki. Jadi tidak selalu memiliki tipe 21 atau tipe yang lebih besar.

Bisa saja bangunan itu menjadi lebih kecil atau lebih besar sesuai dengan kemampuan dari pemilik.

Biasanya memiliki tipe standar yang digunakan untuk proses penjualan atau marketing.

Jenis rumah yang biasanya ada Perumahan terdiri dari Tipe berikut ini:

  • Tipe 21
  • Tipe 36
  • Tipe 45
  • Tipe 54
  • Tipe 60
  • Tipe 70
  • Tipe 120

Biasanya dibangun dengan biaya sendiri oleh pemiliknya. Selain itu bisa juga mengajukan KPR ke bank tertentu.

Proses pembangunan akan dilakukan oleh para pengembang. Selanjutnya pembeli bisa melakukan transaksi apakah akan dibayar tunai atau dicicil dengan bantuan KPR.

Fasilitas yang dimiliki oleh rumah tergantung dengan pemiliknya. Jadi tidak akan ada fasilitas khusus.

Memiliki fasilitas yang cenderung lebih lengkap dibandingkan dengan rumah standar. Biasanya kawasan perumahan ini akan memiliki fasilitas seperti taman hingga kolam renang.

Istilah-Istilah dalam Perumahan

Istilah dalam kompleks Perumahan variasi dan biasanya sudah dikenal oleh banyak orang. Berikut beberapa istilah dalam perumahan yang sering dipakai.

1. One Gate

Istilah dalam perumahan one gate
Istilah dalam perumahan one gate

Istilah pertama yang sering digunakan adalah one gate atau hanya satu pintu portal. Istilah ini biasanya diberikan oleh banyak sekali pengembang untuk membuat calon pembeli rasa aman.

Karena hanya akan ada satu tempat masuk dan keluar sehingga bisa dengan mudah difilter siapa saja yang bisa berkunjung.

2. DP

Selanjutnya adalah tipe atau down payment. Sebelum membeli atau membayar secara cicilan suatu rumah di perumahan seseorang harus membayarkan DP ataupun uang muka terlebih dahulu.

Uang muka ini bervariasi dan biasanya minimal 25% dari harga jual. Selanjutnya uang muka ini ini dibayarkan secara tunai atau dicicil terlebih dahulu apabila sudah lunas maka seseorang bisa mendapatkan unit rumah.

3. Cluster

Istilah dalam perumahan cluster
Istilah dalam perumahan cluster

Selanjutnya adalah istilah klaster atau kumpulan dari beberapa rumah. Biasanya meski dalam satu Perumahan akan ada cluster atau jenis rumah yang berbeda-beda satu dengan yang lain.

Secara umum bisa dikatakan jika banyak sekali istilah dalam perumahan yang sebenarnya sudah anda kenal. Hanya saja Tidak semua orang menyadari jika hal itu merupakan istilah yang harus dipahami sehingga saat melakukan pembelian rumah tidak melakukan kesalahan.

Misal adanya istilah DP atau down payment. Maksudnya adalah uang muka yang nantinya harus dibayarkan terlebih dahulu saat akan mencicil suatu rumah di perumahan atau di manapun. Selanjutnya pembayaran bulanan secara rutin harus dilakukan sesuai dengan kesepakatan yang berlaku.

Terima kasih


Baca Juga:

Baca Juga:

Posting Komentar