1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

3 Jenis Cat Lukis untuk Anak dan Dewasa

Jenis cat lukis ada banyak sekali, namun pada dasarnya kategorinya berdasarkan bahan yang dipakai ada 3. Berikut ini sudah kami rangkum beberapa jenis untuk cat melukis yang cocok bagi anak maupun orang dewasa.

Melukis bukan sekedar hanya masalah mengenai menggambar, memberi warna atau mencoret-coret di atas kanvas atau kertas kosong saja, melukis ternyata dapat melebihi beberapa hal itu. 

Dia menjadi satu wujud komunikasi yang unik di antara kita sebagai pelukis dengan kuas, cat, kanvas dan kertas sebagai media lukisnya, agar berbicara secara baik. Sudah pasti kita harus mengenali lebih dulu siapa musuh berbicara kita. 

Demikian juga dalam melukis, agar hasilkan satu lukisan yang bagus, kita juga harus mengenali lebih dulu beberapa media gambar yang bakal kita pakai, salah satunya media gambar terpenting yang penting dipahami ialah cat.

Selainnya teknik gambar dan gambar yang terkuasai oleh pelukis, media cat berikut yang nantinya akan memberinya watak di suatu lukisan. 

Oleh karenanya, pengetahuan dan wacana pada media cat ini mutlak terkuasai dengan seorang pelukis, bahkan juga, teknik kuasai media cat ini dipandang sama keutamaan seperti kuasai teknik gambar atau melukis tersebut.


Jenis Cat Lukis Berdasarkan Bahan Pembuatnya

Sejauh riwayat seni gambar di dunia, media cat yang dipakai oleh beberapa pelukis-pelukis sangat bermacam, seiring waktu berjalan, media cat gambar juga alami peralihan dan perubahan. 

Mulai dari cat yang dari pigmen warna alami sampai cat akrilik yang mempunyai beberapa warna cemerlang yang tidak terhitung banyak dan macamnya.

3 Jenis Cat Lukis untuk Anak dan Dewasa

3 Jenis Cat Lukis untuk Anak dan Dewasa

1. Cat Air

Jenis cat lukis dengan bahan dasar air ini ialah media cat gambar yang paling tua, selainnya statusnya yang paling tua, media cat air ini juga seperti media cat gambar yang paling susah untuk terkuasai. 

Tetapi bila sekali kita berasa nyaman dengan media ini, karena itu susah rasanya untuk beralih ke media yang lain. Media cat air mempunyai kekhasan tertentu bila dibanding dengan media gambar yang lain. 

Jejak-jejak air yang dipandang susah untuk ditaklukan dan berwarna yang terbuka sebagai ciri-ciri unik dan watak dari media ini.

2. Cat Minyak

Media cat minyak memanglah tidak setua media cat air, tetapi lewat media berikut seni rupa dan seni gambar mulai diartikan. Lewat media ini juga dunia mengenali seni kekinian atau yang sering dikatakan sebagai Kekinian Art. 

Dari watak dan teknik, cat minyak sangat berlainan dengan cat air, selainnya mempunyai pangkalan yang lain cat minyak berbasiskan minyak, pencampur dan pencair pada cat minyak ini juga terang benar-benar berlainan dengan cat air yang hanya cukup menggunakan air biasa-biasa saja.

Berlainan dengan cat air yang dilihat susah untuk pelukis kuasai, cat minyak malah mempunyai watak yang kebalikannya, tetapi tidak berarti cat minyak gampang untuk terkuasai. 

Cat minyak bisa disebutkan lebih fleksible, dia ikuti style, langkah dan watak pemakainya. Dia dapat benar-benar gesturf, realis dan riil bahkan juga dapat benar-benar lembut dan halus seperti cat air. 

Lewat media cat minyak berikut lahir banyak jenis lukisan dimulai dari Impressionisme, Gesturonisme, Abstrak Ekspressionisme, Realisme, Kubisme sampai Low Brow yang berkembang dalam beberapa dasawarsa akhir-akhir ini.

3. Cat Akrilik

Antara dua tipe cat gambar yang lain, media cat akrilik ialah yang paling paling muda, dapat disebutkan jika media ini ialah kombinasi dan pembaruan dari 2 media yang lebih tua; cat air dan cat minyak. 

Media Cat Akrilik ini memakai air sebagai pengencernya, sama seperti cat air, tetapi di lain sisi, pada kualitas cat pada tingkat yang tinggi, cat akrilik mempunyai watak ketebalan dan warna seperti cat minyak.

Dengan kombinasi itu, seorang pelukis bisa hasilkan sebuah lukisan dengan watak seperti cat minyak tapi dengan proses pembuatan dan pengeringan yang cepat, dari segi biaya produksi juga, bisa disebutkan media cat akrilik ini lebih ekonomis dibanding cat minyak.

Demikian beberapa jenis cat lukis yang populer dari masa yang paling tua hingga paling muda. Teknik menguasai pun juga berbeda-beda, lantas manakah yang ingin Anda coba? Kami sarankan Anda coba satu per satu.

Baca Juga:

Baca Juga:

Posting Komentar