1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

Desain Kolam Ikan Terpal di Atas dan Dalam Tanah

Desain Ruang - Ternyata, ada berbagai macam kelebihan yang bisa petani ikan dapatkan dengan membuat desain kolam ikan terpal. Secara umum ada 2 jenis, yaitu kolam terpal yang berada di atas tanah, dan kolam terpal yang berada di dalam tanah.

Ikan menjadi salah satu jenis lauk yang banyak masyarakat sukai. Sebab tidak hanya karena hanya rasanya yang nikmat, langkah mengolahnya ikan juga termasuk gampang, bahkan untuk kandungannya gizinya saja sangatlah baik, terutama bagi kesehatan, kepandaian dan perkembangan daya pikir otak ketika umur anak.

Ingat jumlahnya kandungan nutrisi yang perlu untuk badan, beberapa orang yang memiara ikan sendiri supaya gampang dimakan. Karena keinginan akan ikan makin banyak, tidaklah aneh sumber protein hewani ini lebih banyak diperbudidayakan untuk jadi sumber pendapatan.

Dalam memiara ikan, bagus untuk konsumsi pribadi atau budidaya, ada dua langkah yaitu dengan media kolam atau mungkin dengan kolam terpal. Untuk media terpal memang termasuk gampang dan ringkas hingga pas kamu terapkan di wilayah dan berbagai kondisi.

Cara Membuat Kolam Ikan Terpal Mudah

Jika kamu tertarik untuk membuatnya sendiri guna jalankan bisnis satu ini, berikut langkah membuat kolam terpal yang dapat kamu coba. Tetapi saat sebelum membuat kolam itu, sebaiknya kamu ketahui juga beberapa faktor-faktor untuk memberikan dukungan kesuksesan pembuatan budidaya ikan terpal ini:

  • Kamu harus ketahui tipe dan ukuran desain kolam ikan terpal yang bakal kamu gunakan.
  • Dasar kolam ikan harus sama permukaan atasnya.
  • Kemampuan terpal supaya bisa memuat air kolam dengan optimal
  • Pengerjaan aliran untuk pembuangan

Jauhi banyak hal yang bisa menghancurkan terpal, misalnya saja permukaan dan kerangka kolam harus betul-betul rata hingga tidak menghancurkan atau merusak kolam terpal milikmu. Kerangka lancip tentu saja akan punya pengaruh pada ketahanan terpal yang kamu pakai.


Kolam Ikan Terpal di Atas dan Bawah Tanah

Secara umum, kolam terpal tentu saja memiliki beberapa macam bagiannya, maka dari itulah kamu dapat menyesuaikan lebih dahulu saat sebelum membuat. 

1. Kolam Terpal Ikan di Atas Tanah

desain kolam ikan terpal di atas tanah
desain kolam ikan terpal di atas tanah

Sesuai namanya, langkah membuat kolam terpal tipe ini sebagai kolam yang tersusun di atas permukaan tanah. Kelebihan dari kolam ini kamu tidak membutuhkan galian tanah hingga tidak perlu membuat lubang besar. Namun, kamu masih tetap harus membuat kerangka yang kuat supaya terpal dapat berdiri dengan tegak.

Beberapa bahan yang kamu butuhkan di antaranya adalah:

  • Pasir
  • Semen
  • Bambu
  • Pipa
  • Batu bata
  • Terpal


2. Kolam Terpal Ikan di Dalam Tanah

desain kolam ikan terpal di dalam tanah
desain kolam ikan terpal di dalam tanah

Untuk tipe kolam kedua ini rencanakan khusus dalam tanah di mana kamu mesti membuat lubang lebih dahulu sesuai ukuran yang sudah terdesain. Desain kolam ikan terpal yang tepat membuat kolam terpal ini juga dibikin dengan memendam beberapa kolam atau semuanya.

Yang paling penting, terpal yang bakal kamu jadikan harus betul-betul kuat dan janganlah sampai bocor sedikitpun. Kamu bisa mempertimbangkan beban air dan ikannya, maka dari itu janganlah terpal yang dipakai tidak sanggup meredam beban air atau ikan pada kolam.

Bahan dan alat yang kamu butuhkan:

  • Terpal
  • Cangkul
  • Pasak atau bamboo
  • Meteran


Kalau butuh cepat dan benar-benar profesional, sebenarnya kamu juga bisa memesan desain kolam ikan terpal sekaligus aplikasinya secara nyata. Kini, banyak sekali penyedia jasa pembuatan kolam dari awal sampai akhir.

Baca Juga:

Baca Juga:

Posting Komentar