1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

Alat dan Bahan Membuat Kerajinan Asbak dari Bambu

Desain Ruang - Selain menggunakan tanah liat, membuat kerajinan asbak bisa pula memakai bahan dasar bambu. Untuk itulah demi mendapatkan hasil terbaik, kamu dapat menerapkan cara di bawah ini. Selain itu, bahan satu ini memberikan kesan estetis dan indah pada furnitur rumah termasuk asbak.

Langkah gampang membuat asbak dari beberapa sisa potongan bambu akan kami suguhkan di sini, beberapa orang yang tak pernah pikirkan beberapa sisa potongan bambu dapat berubah wujud menjadi sebuah kerajinan tangan. Nach jika ada beberapa sisa potongan bambu dan kayu di rumah kamu, daripada menjadi mengotori rumah lebih baik kamu gunakan untuk membuat asbak atau furnitur kreatif lainnya.

Jika kamu seorang yang suka sebat, sudah tentu kamu benar-benar memerlukan asbak ini, tetapi jika kamu bukan seorang sebat ya tidak masalah sediakan asbak di dalam rumah, hitung-hitung buat stok jika saudara atau teman kamu yang main ke rumah.

Dengan ketrampilan membuat asbak ini kamu dapat kumpulkan beberapa pundi rupiah, yakni dengan menjualnya ke beberapa toko perlengkapan rumah tangga dan furnitur atau mebel. Cukup dengan beberapa sisa bambu dapat menambahkan pendapatan kamu, dengan pertambahan rupiah automatis ekonomi keluarga bisa bertambah apalagi kalau produksi dalam skala besar.


Langkah Membuat Kerajinan Asbak dari Bambu

cara membuat kerajinan asbak dari bambu
cara membuat kerajinan asbak dari bambu

Pengerjaan asbak dari bambu ini tidak sulit, nyaris seluruh orang dapat membuat. Yang perlu kamu perhatikan dalam panduan ini secara baik mulai dari persiapkan alat dan beberapa bahannya.


Bahan yang Kamu Butuhkan

Beberapa bahan untuk membuat asbak dari bambu meluputi.

  • Potongan bambu yang tidak terpakai, terutama yang sudah kering dan lentur.
  • Potongan papan kayu,
  • Lem serba guna,
  • Lem kayu,
  • Amplas, dan
  • Pelitur/varnish.


Alat yang Kamu Butuhkan

Kalau berbagai macam bahan di atas sudah tersedia di depan mata, selanjutnya menyiapkan alat-alat sebagai berikut.

  • Gergaji,
  • Pisau/cutter yang tajam,
  • Gunting,
  • Skill dan ketelatenan.


Langkah Pembutan Asbak

Ada beberapa langkah mulai dari membuat kerangkanya terlebih dulu sampai dengan selesai hingga asbak dari bambu siap pakai.


1. Membuat Rangka Asbak

Mengambil papan yang telah kamu siapkan barusan, selanjutnya potong sama ukuran lebar 2,5 cm dan panjangnya 12 cm, potong miring setiap ujungnya, bikinlah delapan potongan supaya jadi 2 bentuk kotak papan kayu. Sesudah kamu membuat potongan itu, satukan beberapa bagian itu dengan memakai lem kayu.


2. Iris Bambu

Belahlah bambu sama ukuran panjangnya 7 cm, saat memotongnya tidak boleh terlampau tebal dan tidak boleh terlampau tipis. Sesudah kamu iris, kerok dengan kater supaya bambu tidak tajam waktu kamu sentuh. Karena tidak begitu tebal nanti kamu bisa memakai gunting untuk mengguntingnya.

3. Tempelkan Potongan Bambu dengan Kayu

Sesudah kamu usai membuat potongan bambu itu, cara setelah itu tempelkan potongan bambu itu pada rangka kayu yang telah kita bikin pada langkah pertama tadi, lekatkan potongan bambu di samping dalam kerangka dengan menggunakan lem, begitu juga pada rangka sisi bagian luar, sampai semua rangka kayu itu tertutup.


4. Baluri Asbak dengan Lem

Setelah semuanya beberapa bagian asbak sudah kamu pasang, baluri dan lumuri semuanya beberapa bagian asbak dengan lem kayu sampai sela pada bambu yang ditempel tertutup, dan tunggu sampai lem kering, setelah lem kering, amplas semuanya segi asbak sampai lembut, untuk menambahkan elok penampilan dan mengkilap. 


5. Sentuhan Tambahan

Asbak itu bisa kamu berikan juga pelitur/varnish.

Begitu panduan langkah membuat asbak dari bambu yang dapat kamu berikan pada kesempatan ini mudah-mudahan berguna dan memberi ide buat kamu yang kebingungan buat apa beberapa sisa bambu itu. Sekian cara membuat kerajinan asbak dari bahan baku bambu dan papan kayu bekas, semoga berguna.

Baca Juga:

Baca Juga:

Posting Komentar