1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

5 Penyebab Air Kolam Ikan Berbusa ternyata Sederhana

Desain Ruang - Melihat air kolam ikan berbusa bagi para pecinta, memunculkan rasa khawatir tentang adanya penyakit atau lainnya. Terlebih kalau kolam ikan kamu tersebut berisi berbagai jenis ikan mahal. Jadi semakin was-was dan khawatir.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami ingin membahas sedikit mengenai penyebab kolam berbusa dan sekilas cara mengatasinya. Maka simak penjelasan di bawah ini dengan teliti supaya tidak ada informasi yang tertinggal, ya.

Ikan hias jenis koi atau jenis lainnya jadi salah satunya tipe ikan hias yang banyak disukai sebagai ikan piaraan. Ikan koi sebagai tipe ikan yang mempunyai daya magnet corak dan warna yang memikat daripada jenis ikan-ikan yang lain. Sepanjang menjaga dan memiara ikan koi pasti ada banyak masalah ada, misalnya di antaranya ialah saat merasakan jika air dalam kolam tau-tau berbusa.

Apa Penyebab Air Kolam Ikan Berbusa?

Penyebab Air Kolam Ikan Berbusa ternyata Sederhana
Penyebab Air Kolam Ikan Berbusa ternyata Sederhana

Berikut sejumlah pemicu air kolam ikan koi berbuih atau berbusa serta langkah yang bisa kamu gunakan untuk menolong menangani keadaan itu.

1. Kadar Kandungan DOC Tinggi

Pemicu air kolam ikan berbusa yang pertama yang penting untuk kamu ingat oleh tiap pemilik ikan ialah karena ada kandungan Dissolved Organic Compound (DOC) yang terlampau tinggi dalam kolam. 

Kandungan DOC sebagai kelompok tersisa pakan dari ikan koi dan urin yang terbuat oleh ikan sebagai kotoran yang bisa mengakibatkan timbulnya busa dan pencemaran pada airnya. 

Sedangkan, untuk menurunkan kandungan DOC dalam kolam bisa kamu gunakan cara dengan memasangkan protein skimmer, memakai filter kolam yang lebih bagus, samapai dengan lakukan pengantian air kolam secara periodik yang rutin.

2. Kadar Kancungan CO2 Tinggi

Pemicu lain timbulnya busa ialah karena kandungan CO2 yang lumayan tinggi atau alami kenaikan dalam kolam. Kenaikan kandungan CO2 atau karbondioksida yang tinggi itu banyak terbentuk oleh kematian plankton yang kebanyakan. 

Kandungan CO2 itu akan berpengaruh terhadap air kolam dan menjadikan kotor dan pekat atau airnya keruh. Pemakaian filter dan pengantian air kolam secara periodik sebagai cara yang bisa dilaksanakan untuk menanganinya.

3. Air Kolam Terkontaminasi dan Tercemar

Pemicu pertama yang bisa membuat air kolam ikan berbusa dan tentu saja beresiko untuk ikan hias ialah karena airnya yang terkontaminasi dan tercemar. 

Pencemaran air kolam bisa terjadi saat ada sisi cairan seperti detergen yang tidak menyengaja masuk ke kolam dan mencemarkannya. Agar bisa menangani keadaan, air kolam yang terkontaminasi dan tercemar harus kamu tukar dengan air baru dan kolam ikan hias perlu untuk dikuras kesemuaannya dengan lebih dulu mengalihkan ikan ikan yang berada di dalam kolam.

4. Adanya Ledakan Alga

Peristiwa atau fenomena ledakan alga itu sering terjadi di awal-awalnya pengerjaan kolam ikan hias karena pemupukan yang berlebihan atau over jumlahnya, hingga alga bisa tumbuh secara tidak teratasi dan penuhi semua kolam lantas mengakibatkan air kolam berbusa dan keruh. 

Agar bisa menghindarinya, yakinkan pemupukan kolam tidak terlalu berlebih.

5. Penggaraman yang Berlebihan

Selainnya keadaan pemupukan yang terlalu berlebih, penggaraman yang sudah dilakukan pada air kolam ikan koi dapat mengakibatkan timbulnya air kolam yang berbuih. Kenaikan kandungan oksigen di air kolam bisa menahan timbulnya busa.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi berdasarkan penyebab air kolam ikan berbusa. Sebenarnya sederhana, namun kalau terus kamu biarkan bisa berakibat buruk kepada pertumbuhan dan keindahan ikan hias di dalamnya.

Baca Juga:

Baca Juga:

Posting Komentar