1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

Desain Kolam Ikan Minimalis, Mini, dan Sederhana

Desain Ruang – Menghiasi rumah tercinta dengan desain kolam ikan minimalis, mini, dan sederhana tentunya sangat mungkin kamu lakukan. Bahkan bisa dikerjakan sendiri asalkan sudah jelas soal rancangan kolam yang akan dibuat.

Ada bermacam langkah yang dapat dilaksanakan untuk bikin taman jadi lebih cantik dan hidup, di antaranya dengan membuat kolam ikan, baik ikan koi, hias, atau ikan hasil pancingan kamu di taman depan rumah. 

Ternyata, cukup banyak orang berpikiran jika membuat kolam ikan di taman rumah akan memerlukan ruangan yang luas. Kamu bisa membuat kolam ikan tentu saja untuk menghiasi halaman rumah, tidak untuk perkembangbiakan, sehingga kamu dapat berkreatifitas mendesain kolam ikan minimalis sesuai keinginan.

Pasalnya, ikan jadi salah satunya hewan piaraan yang terkenal untuk dirawat masyarakat kebanyakan. Biasanya, akuarium atau vivarium air tetap jadi opsi khusus sebagai tempat memiara ikan, apa lagi bila cuman mempunyai tempat yang sempit. 

Tetapi, sesungguhnya kamu bisa juga membuat kolam ikan minimalis yang elok walau cuman mempunyai tempat yang sedikit. Mempunyai kolam ikan dengan design yang minimalis sesungguhnya bukan hal yang susah. Luas tempat bukan jadi hal yang khusus, tetapi bagaimana membuat tempat itu jadi kolam yang elok dan asri untuk ikan-ikan kamu.


Perhatikan Hal Ini Sebelum Desain Kolam Ikan Minimalis Kamu

Desain Kolam Ikan Minimalis, Mini, dan Sederhana
Desain Kolam Ikan Minimalis, Mini, dan Sederhana


Kolam ikan bisa menjadi habitat dari ikan-ikan yang bakal dipiara mulai koi, mas koki, bahkan gupy atau wader sekalipun. 

Oleh karenanya, kamu harus memerhatikan baik apa yang perlu diperhitungkan saat membuat kolam ikan tersebut. Hal ini mesti kamu laksanakan supaya habitat alami itu masih sehat dan elok menjadi rumah untuk ikan-ikan atau tanaman air lainnya.


1. Pilih tempat yang sesuai dan tidak mengganggu

Hal pertama yang perlu kamu laksanakan ialah pilih tempatnya untuk bakal kolam hias di taman mini. Kolam yang sehat harus memperoleh pancaran cahaya matahari yang cukup, namun jangan sampai kebanyakan, supaya ikan tetap sehat dan tanaman air juga bagus. 

Tetapi, bila terserang cahaya matahari yang terlalu berlebih bisa juga membuat air jadi hangat yang dapat membuat ikan jadi stress, apalagi ikan koi. Pilih tempat yang membuat cahaya matahari dapat masuk secara perlahan-lahan atau lewat celah-celah, misalkan di bawah pohon, atau alternatifnya adalah memasang jaring di atas kolam.


2. Kedalaman kolam sesuai dengan jumlah ikan

Masih masalah design, factor kedalaman kolam harus juga jadi perhatian kalau membuat desain kolam ikan di taman sederhana. Kedalaman kolam dapat disamakan dengan tipe ikan yang dipiara, misalkan, kedalaman sekitaran 30 sampai 40cm telah cukup buat ikan yang memiliki ukuran kecil, tetapi untuk ikan besar seperti ikan koi membutuhkan kedalaman sekitaran 80cm hingga 1,5 meter. 

Hal ini diperlukan supaya ikan-ikan dapat bergerak lebih bebas dan berenang secara vertikal di atas ke bawah, kalau mereka bisa bicara pasti akan berterima kasih kepada kamu.


3. Stok oksigen cukup untuk ikan dan tanaman

Untuk hasilkan suplai oksigen yang cukup, air kolam harus memperoleh putaran yang baik, yaitu ada air keluar dan air masuk. Kamu bisa bikin air kolam masih mengucur dan bergerak berputar-putar dengan memakai pompa rendam yang bekerja untuk memutar dan menggerakkan air melalui filter. 

Pada akhirnya, perlu membuat dua saluran. Pertama, adalah air mancur. Kedua, adalah air arus yang tertanam pada kolam filter ikan milik kamu. Kamu bisa juga memakai aerator di dasar kolam untuk hasilkan oksigen dari gelembung-gelembung udara dalam kolam, pastikan tersedia colokan listrik di sekitar kolam, ya.


4. Design kolam ikan minimalis, mini, dan sederhana

Sesudah tentukan tempat dan lainnya, cara setelah itu membuat bakal jadi kolam ikannya sesuai keinginan dan kebutuhan saja. Design kolam harus menimbang luas tempat, lingkungan disekelilingnya, dan tipe ikan apa yang akan dipiara tersebut. Selanjutnya, kamu bisa juga menimbang untuk masukkan tanaman dan batu air ke design untuk percantik kolamnya kelak.


5. Perhatikan volume air yang pas

Jumlah air yang cukup dalam kolam akan memengaruhi kandungan oksigen di di air, namun volume air juga ditentukan berdasarkan besaran pompa yang kamu pakai. Untuk kolam yang airnya sedikit, tetapi jumlah ikannya banyak akan membuat oksigen di dalamnya kurang dan dapat membuat ikan bisa lebih cepat stress kemudian mengambang alias wafat. 

Untuk itulah sesuaikan volume air ini dalam jumlah ikan yang ditaruh di kolam tersebut secara pas, tidak kurang dan tidak lebih.


6. Pompa air

Selanjutnya beberapa hal yang dapat memengaruhi kebersihan air kolam, dimulai dari tersisa makanan, lumut, kotoran ikan, daun jatuh, dan yang lain. Ini dapat kualitas air jadi jelek dan tidak sehat untuk biota dalam air. Maka dari itulah menangani permasalahan ini, kamu dapat memakai filter air yang berlapis supaya kotoran dapat tersaring saat diputar memakai pompa rendam tadi. 


Rekomendasi Desain Kolam Ikan Minimalis di Halaman

Berikut design kolam ikan hias yang dapat kamu terapkan untuk bikin kolam ikan minimalis di sekitar halaman rumah, lebih baik berada di taman untuk menambah kesan asri dan segar.

kolam ikan koi model memanjang dengan pancuran
kolam ikan koi model memanjang dengan pancuran

dobel pancuran boleh juga
dobel pancuran boleh juga

desain kolam jernih, dangkal, sentuhan hardscape
desain kolam jernih, dangkal, sentuhan hardscape

kolam ikan outdoor dengan kaca
kolam ikan outdoor dengan kaca

dekorasi jembatan di tengah kolam ikan
dekorasi jembatan di tengah kolam ikan

bunga teratai di kolam untuk penghalang sinar matahari
bunga teratai di kolam untuk penghalang sinar matahari

gentong besar di kolam cukup estetik
gentong besar di kolam cukup estetik


Demikian beberapa rancangan kolam ikan koi mulai dari persiapan hingga siap untuk merelaksasi pikiran. Bayangkan kamu melihat betapa air mengalir membawa ketenangan. Sehingga kamu siap menjalani hari dengan lebih percaya diri, untuk itulah perlu desain kolam ikan yang minimalis lagi mini di taman depan rumah.

Baca Juga:

Baca Juga:

Posting Komentar