1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

Cara Merawat Kolam Ikan Air Bening Seperti Kristal

Desain Ruang - Kamu mempunyai kolam ikan di sekitar rumah, seharusnya kamu harus tahu langkah-langkah tentang cara merawat kolam supaya masih bersih, air bening seperti kristal, dan ikan yang hidup di dalamnya sehat ginuk-ginuk.

Memanglah tidak dapat disangkal jika untuk jaga kualitas air dalam kolam ialah hal cukup menantang. Tetapi, bukan memiliki arti kamu tidak dapat melakukan sendiri, sebenarnya caranya sangat mudah asalkan kamu benar-benar telaten.

Untuk beberapa pencinta ikan, mempunyai kolam ikan outdoor di dalam rumah menjadi salah satu perihal yang menentramkan, membuat nyaman, dan sebagai obat stress mujarab. Apalagi ditambah dengan mempunyai komponen kolam ikan ini, dapat memberi daya magnet tertentu untuk penghuni atau tamu yang tiba bertandang juga suka.


Cara Merawat Kolam Ikan

cara merawat kolam ikan hias
cara merawat kolam ikan hias

Nah, jika Kamu telah sukses membuat kolam ikan outdoor cantik sebagai dambaan kamu, hal yang juga sangat penting selainnya menikmatinya ialah menjaganya supaya masih kelihatan cantik, bahkan bisa membuat airnya bening terus menerus.


1. Menentukan Ukuran Pompa Air Kolam Ikan

Kamu harus mengedarkan atau membuat aliran sirkulasi untuk semua volume air kolam minimum 1x tiap jam. Maka dari itu, yakinkan terlebih dulu saluran pompa tidak mampet oleh kotoran di skimmer atau filter biologis pada bagian bawah, dan hati-hatilah untuk tidak memompa air semakin tinggi dari yang ditujukan. 

Jadi, pastikan pompa yang kamu pakai ialah pompa yang tepat, berdasarkan ukuran atau volume kolam tersebut. Dengan cara ini, setidaknya langkah pertama untuk membuat sirkulasi akan bikin ikan hias sehat dan gemuk.


2. Membersihkan Kotoran di Filter

Filter kolam akan hilangkan sejumlah besar kotoran dari bawah, sedangkan skimmer membersihkan dari permukaan kolam. Tapi kamu dapat memakai jala kolam untuk menyisir daun dan tangkai kecil saat sebelum mereka sempat turun ke dasar kolam tempat mereka akan membusuk.

Beberapa puing atau dahan yang membusuk, digabungkan dengan kotoran ikan, dan sisa pakan ikan, bisa mengakibatkan kenaikan kandungan amonia di kolam. Pasalnya, amonia ini dapat beresiko untuk ikan dan harus selekasnya ditangani. Di sisi lain juga membuat warna air tidak jernih.


3. Media Filter Kolam yang Pas

Sama dengan pompa kolam di atas tadi, filter kolam harus sesuai ukuran kolam serta volume air. Umumnya filter kolam didasari pada kondisi yang bagus, apabila kamu melewati itu, filter jadi kurang efisien. Selalu perbesar ukuran filter hingga bisa tangani lebih dari kemampuan kolam dan ingat-ingatlah untuk bersihkan filter sesuai perintah secara rutin. Dalam filter tersebut terkumpul kotoran yang tersedot dari bagian dasar kolam.

4. Tambah Tanaman Air yang Tepat

Pada pucuk musim, kamu harus mempunyai 40 % sampai 60 % dari luas permukaan kolam yang tertutup atau dinaungi tanaman. Kebanyakan tumbuhan bisa mengakibatkan kekurangan oksigen saat malam hari karena proses fotosintesis, yakni saat tumbuhan ambil oksigen dan keluarkan karbondioksida. Ingat-ingatlah jika ikan memerlukan oksigen untuk tetap bertahan hidup, maka dari itu tanaman jangan banyak-banyak.


5. Tidak Boleh Memberikan Makan Ikan Terlalu Berlebih

Bila kamu memberikan makan ikan lebih dari yang dapat mereka makan, makanan yang tidak dikonsumsi akan membusuk di kolam, otomatis menjadi kotoran baru dengan ukuran yang lebih besar. Berhati-hatilah untuk tidak memberikan makan ikan lebih dari sekali satu hari, dan tidak lebih dari yang bisa mereka makan di dalam 2 sampai 3 menit, sebab kemungkinan tidak akan lagi mereka makan. 

Alternatifnya adalah tentukan makanan ikan yang berkualitas, lebih dicintai yang mengapung dibanding terbenam ke dasar kolam bila tidak dikonsumsi, soalnya dapat keluar melalui skimmer pada permukaan air.


6. Menguras Kolam Ikan dengan Teratur

Hal yang juga sangat penting dalam cara merawat kolam ikan ialah kuras kolam dengan teratur. Kami anjurkan seharusnya dilaksanakan sekitaran sebulan sekali atau lebih baiknya dua minggu satu kali supaya selalu terlindungi kebersihannya.

Untuk menguras kolam, pakai sikat dan kain pel bersihkan permukaan lantai dan dinding kolam ikan. Tetapi sesungguhnya jika kolam ikan kelihatan kotor dan kotor karena jumlahnya kotoran yang menimbun, seharusnya selekasnya membersihkan tanpa perlu menanti waktu satu bulan atau agenda teratur tadi.

Nach, saat sedang kuras kolam ikan hias, seharusnya ikan-ikan dalam kolam itu pindahkan dulu ke lain tempat, misalnya bak atau kolam lain. Tentu saja untuk mempermudah proses pengurasan kolam, selain itu juga menjaga ikan hias tidak stress.

Perawatan air kolam yang pas akan memengaruhi kualitas warna pada ikan koi atau ikan hias lainnya, karena itu perlu kamu pastikan selalu tingkat kejernihan air, pH, dan kebersihannya.

Demikianlah beberapa hal yang perlu kamu ketahui dalam membersihkan kolam. Tujuannya selain membuat air tampak bening seperti kristal, adalah menjaga ikan-ikan selalu sehat. Sekian cara merawat kolam ikan yang tepat, semoga membantu.

Baca Juga:

Baca Juga:

Posting Komentar