1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

Bagaimanakah Cara Pengasuhan Positif ke Anak?

Desain Ruang - Pada kesempatan kali ini, kami hendak membahas tentang cara pengasuhan positif ke anak yang singkat dan jelas. Menjadi orangtua yang lebih baik dan positif, kita perlu konsentrasi pada penuhi keperluan anak kita daripada melakukan perbaikan dengan hukuman setiap waktu.

Beberapa anak tak perlu kamu tingkatkan dengan kekerasan, kita perlu membenahi harapan kita pada mereka melalui perasaan. Yang mereka perlukan ialah tuntunan yang halus dari orangtuanya.


Cara Pengasuhan Positif

Bagaimanakah Cara Pengasuhan Positif ke Anak
Bagaimanakah Cara Pengasuhan Positif ke Anak (src: pexels)

Langkah awal untuk pahami keperluan anak kamu ialah pahami langkah kerja otaknya. Jadi sebagai orang tua, kamu benar-benar memahami perkembangan dari sang buah hati.


Ketahui hati dan perasaan anak

Kita kerap memandang serangan anak sebagai karakter keras kepala, walau sebenarnya realitanya, mereka cuman melakukan tindakan dari kemampuan otaknya untuk meredam emosi. Atau sekadar mencari perhatian dari kamu sebagai orangtuanya.

Riset memperlihatkan jika sejumlah besar otak manusia memerlukan waktu sekitaran 25 tahun untuk berkembang, walau bisa bervariatif antar pribadi masing-masing.

Otak orang dewasa dan beberapa anak (terhitung remaja) bekerja secara berlainan. Pada orang dewasa berpikiran dengan korteks prefrontal, yang disebut sisi otak logis. Korteks prefrontal bertanggungjawab untuk ambil keputusan, rencana, dan penilaian. Itu tidak berkembang seutuhnya sampai seorang capai umur dua puluhan.

Ini menerangkan kenapa balita menangis saat mereka mempunyai emosi yang kuat. Otak mereka tidak sanggup berpikiran dengan nalar dan logika, tidak peduli berapakah kali kamu menjelaskan hal sama ke mereka.

Mereka belum mempunyai kekuatan untuk mengutarakan rasa mereka. Maka, otak anak-anak hadapi emosi yang intensif dengan mengamuk dan menangis. Jadi orang tua, pekerjaan kita ialah pahami ini dan tawarkan suport emosional yang mereka perlukan saat mereka rasakan emosi yang kuat ini.

Ubah diri dengan memberi contoh baik

Langkah selanjutnya sebagai orang tua untuk melakukan pengasuhan positif ke anak adalah dengan memberikan contoh baik. Kamu tak perlu mengganti personalitas pribadi sesudah jadi orangtua. Tapi bila kamu ingin mengaplikasikan taktik pengasuhan yang positif, kamu harus bisa memberikan contoh sikap yang ingin kamu saksikan pada anak kamu.

Menjadi orangtua dapat membuat kamu jadi orang yang lebih bagus dan baik. Bila kamu ingin jadi orangtua yang bagus, upayakan untuk berlaku sebaik-baiknya. Mata kecil beberapa anak itu selalu memantau kamu dan kamu harus arahkan mereka ke hal baik dengan niat yang baik pula.

Kamu tidak bisa mengajarkan anak disiplin diri dan pengaturan diri bila kamu tidak bisa mengatur kemarahan kamu atau melempar suatu hal ke seseorang saat kamu geram. Belajar mendisiplinkan diri kamu sendiri hingga kamu bisa memperlihatkan ke beberapa anak kamu bagaimana berperangai yang bagus.

Analisis apa yang memacu hati geram kamu dan usahakanlah untuk menanganinya dengan membuat taktik yang lebih bagus untuk tangani emosi kamu. Beberapa anak kamu akan menyaksikan dan belajar pada kamu melakukan hal baik yang sama.

Ingat-ingatlah jika tidak ada yang prima, baik kamu atau beberapa anak kamu. Kita pada proses mengasuh anak untuk menuntaskan permasalahan, satu saat kamu akan mendapat faedahnya. Pengasuhan positif ke anak lebih condong kepada contoh dan kasih sayang, tunjukkan bahwa dia benar-benar berharga untukmu sebagai orangtuanya.

Baca Juga:

Baca Juga:

Posting Komentar