1lBn3oUcMXadgYplTY9quoFOh2yQQsKaYuogpOlq

5 Cara Merawat Kolam Renang yang Efisien dan Mudah

Desain Ruang - Bagi kamu yang ingin tahu tips dan trik tentang cara merawat kolam renang, simak penjelasan yang sudah kami rangkum berikut ini.

Menjaga air kolam renang di dalam maupun luar rumah supaya masih jernih dan bersih seperti kristal. Harus kamu lakukan, oleh karena itu perlu memerhatikan beberapa langkah perawatan kolam renang. 

Pada artikel ini kali kita akan mengulas hal yang harus orang lakukan jaga kualitas air kolam renang agar tujuan menjaganya tercapai, yaitu mendapatkan air jernih banget.


Cara Merawat Kolam Renang yang Efisien

cara merawat kolam renang jernih bening
cara merawat kolam renang jernih bening

Jika memang dalam tempat tinggal kamu tersebut ada sebuah kolam renang pasti kamu harus memiliki pengetahuan bagaimanakah cara menjaganya supaya kolam terbangun kebersihan airnya. 

Nach, artikel ini akan membahas bagaimanakah cara gampang untuk menjaga kolam renang di dalam rumah supaya masih nyaman dipakai dan bersih setiap saat. 

Cara-cara ringkas ini bisa kamu aplikasikan untuk menjaga kolam renang agar airnya jadi berkualitas serta senantiasa jernih.


1. Memakai obat kolam renang

Elemen yang terpenting dari kolam renang ialah air karena langsung akan bersinggungan dengan kulit orang yang menggunakannya saat bermain air atau berenang. Untuk air kolam yang terkontaminasi atau tercemar oleh kuman pasti berpengaruh pada munculnya penyakit pada kulit siapapun. 

Maka dari itu, untuk jaga kandungan kimia supaya air kolam renang masih jernih kita harus memeriksa kandungan Ph dan Cl di dalamnya. Nach dengan ketahui keadaan air lewat Teskit Ph dan Cl kita akan tahu tipe obat kolam renang (chemical) yang bakal kamu gunakan. 

Beberapa macam obat kolam renang yang biasa diterapkan ialah HCL, Soda, Kaporit, Terusi, PAC, maupun juga yang lainnya. Seharusnya, dalami lebih dulu ukuran obat atau dosis sesuai untuk kolam renang supaya tidak asal tuang.


2. Sandfilter untuk kolam renang jernih

Selanjutnya supaya lebih ringkas kamu bisa juga memasangkan sandfilter kolam renang atau penyaring sebagai salah satu cara merawat kolam renang. Filter ini untuk tingkatkan kualitas air karena filter bisa menolong pisahkan kotoran dari kolam renang milikmu. Kotoran yang telah tersaring selanjutnya akan ikut terbuang dengan mengendalikan Kepala Sand Filter ke status Backwash kolam. 

Pada tahap ini, air yang telah kotor akan di alirkan melaui pipa pembuangan dan di tujukan ke arah got atau aliran pembuangan. Hal-hal lain yang penting kamu lakukan dengan vacum buang, proses ini ialah mengisap kotoran dan debu yang ada pada dinding dan lantai kolam renang milikmu.


3. Meminimalisir perkembangan lumut

Alga atau lumut yang berkembang biak pada kolam renang milikmu bisa membuat air terlihat kehijauan dan tidak jernih. Salah satunya langkah termudah untuk meminimalisir perkembangan lumut ialah menanam beberapa pohon di seputar kolam hingga permukaan air kolam renang tidak terserang cahaya matahari secara langsung. 

Pohon-pohon yang hasilkan oksigen pada siang hari bisa menolong tekan perkembangan alga tersebut. Di samping itu rerimbunan ini dapat membuat tempat sekitaran kolam renang jadi teduh untuk penghuninya.


4. Jaga kebersihan kolam dengan leaf kimmer

Selanjutnya, bagaimanakah cara merawat  kolam renang dengan alat manual leaf kimmer? Untuk kolam renang yang pada sekelilingnya banyak pohon-pohon permasalahan yang umum terjadi ialah daun-daun kering yang rontok dan berjatuhan ke kolam membuatnya kotor. Jika kamu diamkan terus menerus, kolam renang kotor oleh sampah daun kering hingga membusuk. Selainnya tidak enak dilihat, kemungkinan kamu akan malas berenang di kolam yang kotor itu. 

Maka jika musim rontok daun tiap 2x satu hari membersihkan daun-daun yang mengotori kolam renang itu dengan alat penyaring manual. Alat perawatan kolam renang ini berbentuk Leaf Skimmer kolam renang, Pool brush, Telescospic handle, Vacum head, serta vacum Hose.

  • Bersihkan kerak-kerak pada dinding kolam renang memakai Pool Brush
  • Di saat proses kuras kolam renang dan menukar airnya, sikat sisi dasar dan samping kolam untuk hilangkan kerak-keraknya. 
  • Kerjakan dengan rata supaya dasar kolam bersih berkilat yang membuat air begitu jernih. 
  • Supaya kotoran lebih gampang luntur kamu dapat memakai karbol pencuci kamar lantai atau mandi. 
  • Sesudah kamu sikat, basuh sampai bersih dan air kolam bisa kamu isi kembali menggunakan air bersih. Jika rajin disikat kotoran tidak akan sempat pernah menebal dan memunculkan kerak yang menghitam di samping kolam dan dasar lantainya.

Lantas, yang perlu di sini yaitu lakukan perawatan secara teratur untuk jaga kebersihan dan kejernihan air kolam renang. 


5. Instruksi kepada orang lain

Satu panduan kembali untuk jaga air kolam masih bersih dalam waktu yang lama ialah minta siapa saja yang akan berenang untuk kenakan pakaian renang dan bukan baju biasa. Selainnya makin lebih enteng, baju renang yang lebih singkat bawa kotoran yang semakin sedikit ke air daripada baju biasa.

Sekian informasi tentang kolam renang, mudah-mudahan panduan di atas dapat menangani air kolam renang yang memiliki masalah dan menjawab persoalan bagaimanakah cara merawat kolam renang, kebersihan dan kejernihan air kolam tersebut. 

Baca Juga:

Baca Juga:

Posting Komentar